Catatan Perjalanan : Pulau Batu Atas

It’s been more than one years after the last time I come to visit this island. Batu Atas located in the most southern island of Southeast Sulawesi Province. You must watch carefully on the map to see this island because is relative small and far from mainland. I have came once when my company have asked me to do a survey of this island. I just come to this island only once, but it’s another part of my history I mustn’t forget about it.

September 2012

Siang itu pesawat membawa kami ke ujung kaki Sulawesi Tenggara, kota Bau-bau. untuk kesekian kalinya dalam beberapa bulan terakhir, kota ini menjadi tempat persinggahan kami. Hal yang menyenangkan saat berkunjung kesini adalah kulinernya, tak berbeda jauh dengan kuliner makassar, saya cukup menikmati makanan khas seperti konro, coto ataupun makanan seafood. Satu hari cukup untuk istirahat dan wisata kuliner singkat, saatnya kembali ke tugas utama. Ditemani ketiga rekan kerja, kami berencana melakukan survey ke dua lokasi untuk suatu project.

Lokasi pertama tak jauh dari kota, ditemani oleh dinas setempat, dengan 2 jam perjalanan mobil dan kami pun tiba. tak lebih dari setengah ari, survey di lokasi pertama selesai. Kami pun pamit kepada warga setempat dan kembali ke kota Bau-bau untuk bersiap menuju lokasi berikutnya. lokasi kedua adalah Pulau Batu Atas, pulau kecil di bagian paling selatan sulawesi tenggara.

batu atas1

Peta Lokasi Pulau Batu Atas

batu atas

Pulau Batu Atas

Tak semudah lokasi pertama yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat, kami harus melalui jalur laut dengan menggunakan perahu/kapal kecil. Transportasi menuju ke lokasi tidak tiap hari ada, jadwal yang tidak pasti, dan sangat terbatas. ketidakpastian transportasi dipengaruhi oleh kondisi lautan, tentunya keselamatan menjadi nomor 1. Kami menuju pelabuhan untuk menanyakan jadwal keberangkatan terdekat menuju kesana, dan diketahuilah bahwa nanti malam lah, jadwal terdekat dan jadwal berikutnya adalah lusa. Setelah berdiskusi, kami memutuskan untuk pergi pada malam itu juga meskipun dinas setempat yang menemani kai agak ragu/takut karena cuaca di laut dikabarkan kurang baik.

Kapal yang mengantar kami ke batu atas

Dengan membaca Basmallah, kami pun pergi malam itu dengan kapal kecil bersama 20-30 penumpang lain menuju batu atas. Malam itu, di atas tumpukan barang dan goyangan ombak, saya pun terlelap tak kuasa menahan rasa kantuk. Matahari telah bersinar kembali, akhirnya setelah 8-9 jam perjalanan kami pun tiba di pulau batu atas, dengan selamat tentunya. Alhamdulillah.

2012-09-26 07.25.53

Dua orang penumpang yang meminta difoto sesampainya di batu atas

Pulau Batu Atas, seperti halnya pulau lain di sulawesi memiliki keindahan laut yang indah dengan laut birunya. Pulau ini dikatakan oleh pegawai dinas yang menemani kami sebagai ‘tempat pembuangan’ bagi PNS ‘ nakal’, dikatakan seperti itu karena aksesnya yang sulit dan begitu terisolirnya pulau ini. Disana kami bertemu dengan kepala desa setempat, bertemu dan berdiskusi dengan warga untuk menyampaikan maksud kedatangan kami kesana. warga pun menyambut baik dan saatnya melaksanakan tugas.

2012-09-26 17.55.50

Suasana pulau batu atas

Tak terasa waktu berjalan, matahari pun terbenam kembali, tugas kami telah selesai. Saatnya menikmati senja di pelabuhan kecil. terlihat anak-anak yang sedang bermain ataupun para orang tua yang berjalan-jalan, suasana yang tenang menyegarkan pikiran.

2012-09-26 17.53.03
Anak-anak batu atas

Malam itu kami beristirahat di rumah kepala desa. esok harinya kami telah bersiap, kebetulan ada kapal pulang menuju bau-bau pagi itu. Kami pun berpamitan, saatnya pulang..