Merasa bodoh

terkadang, atau mungkin sering kali, saya merasa bodoh. kadang merasa malu mengaku sarjana lulusan universitas ternama di negeri ini tapi banyak hal yang tak dikuasai di bidang keahlian yang saya pelajari. seringkali saat presentasi dan ditanya tentang suatu hal teknis, saya benar-benar kebingungan tak tau harus menjawab apa, dan akhirnya hanya diam atau berkata “sejujurnya saya kurang tahu masalah itu“. tidak hanya saat presentasi, saat rapat atau diskusi dan obrolan-obrolan kecil terkadang ada hal yang saya tidak ketahui dan kebingungan sendiri. apalagi saat di site, sendirian, dengan para operator yang masih kebingungan dan saya seakan menjadi sumber solusi, sayangnya masih banyak hal yang belum saya pahami. saya merasa benar-benar bodoh.

Memang sih ga semua pertanyaan yang ga bisa saya jawab, pertanyaan-pertanyaan umum mengenai sistem dan hal teknis lainnya beberapa saya pahami walau tak banyak juga. tapi setiap ada pertanyaan yang tak bisa saya jawab dan saya sama sekali sulit untuk harus menjawab ngasal, ah rasanya sama sekali tidak menyenangkan. benar-benar terkesan tidak kompeten dibidangnya. atau mungkin saya memang belum kompeten?

Tapi mungkin inilah yang namanya proses pembelajaran. terkadang kita tidak tahu mana yang benar sebelum melakukan kesalahan. terkadang kita dibuat merasa bodoh untuk diingatkan bahwa ilmu kita ini dangkal dan masih harus banyak belajar. mungkin kita bodoh bukan karena tidak bisa menjawab pertanyaan, tapi saat kita melakukan kesalahan namun tidak belajar dari kesalahan tersebut dan terus melakukan kesalahan yang sama. mungkin tak ada salahnya merasa bodoh sebagai cambuk untuk diri sendiri agar menjadi orang yang lebih baik lagi. tapi bukan berarti dengan merasa bodoh rasa percaya diri menjadi turun. tapi mungkin yang lebih penting bukan merasa bodoh atau tidaknya, tapi aksi kita untuk selalu berusaha menjadi lebih baik.

“hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”

2 thoughts on “Merasa bodoh

  1. Wah, baru ganti themes wordpress, 1 postingan sebelumnya belum ini.
    Gara2 kuatir merasa kurang mampu kalo nanti pas kerja ditanya sesuatu tentang keelektroan, jadi kepikiran buat bekerja di bidang yang gak berbau-berbau elektro, hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s