Trip to Makassar

Sesungguhnya cerita ini sudah lama berlalu tepatnya Juni 2011. udah banyak lupanya juga sih makanya saya nulis ini biar ga makin lupa dan sekalian ngebayar hutang untuk yang satu ini, hehe..

Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Alhamdulillah banget tahun lalu saya berkesempatan mengunjungi tempat ini dalam rangka event PIMNAS XXIV. PIMNAS itu sendiri singkatan dari “Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional” yang merupakan tahap final dari PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diadakan oleh Dikti.  Beruntung sekali pada tahun 2011 lalu, Universitas Hasanudin yang berlokasi di Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan PIMNAS ini.

Untungnya dulu saya sekelompok sama Azhari (ketua kelompok), teman saya yang sangat genius, jadinya bisa lolos ampe pimnas, hahaha.. tapi tak lupa teman kelompok saya satu lagi, Alfian Abdi alias godai yang jasanya juga sangat besar. saya beruntung karena saya peling gabut diantara kami bertiga, hehe..

Singkat cerita setelah melalui berbagai tahap penjurian akhirnya kelompok saya bersama 18 tim lainnya dari itb lolos ke pimnas. perjalanan di mulai dari kampus kami tercinta, seluruh peserta diminta kumpul dini hari untuk perjalanan ke bandara soekarno hatta. Malam sebelumnya, para penghuni labtek VIII lantai 4 terlihat sibuk di markas mereka, semuanya berjuang mempersiapkan diri untuk meraih emas di pimnas nanti. Malam pun berlalu, esok dini hari rombongan kami berangkat menggunakan 2 bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Bandar Udara Hasanudin, Makassar..

Baiklah sejujurnya perjalanan ini menjadi pengalaman pertama saya berpergian naik pesawat dan pertama kalinya saya meninggalkan pulau jawa. untungnya perjalanan ini diurus ama panitia km, jadi saya tinggal ngikutin aja, haha.. makasi ya proinov😀 dan berhubung ini pertamakalinya naik pesawat, tak jarang saya ingin melihat keluar lewat jendela padahal duduknya ga dket jendela, pengen tau daratan di liat dari langit secara langsung tuh kaya gimana sih (kampungan pisan nya, haha..). Sore hari kami(rombongan itb) tiba Bandara Udara Hasanudin, keluar dari bandara kami langsung disambut oleh mahasiswa Unhas yang tak lain adalah panitia pimnas. menggunakan bis, kami langsung menuju ke wisma tempat kami akan menginap. Sampai wisma, saatnya istirahat untuk pembukaan esok hari.

saat dalam bus di makassar,, busnya nyaman banget lohh..

Pembukaan pun tiba dan perjuangan meraih emas, di MULAI!!! Penilaian untuk medali ada 2 yaitu presentasi dan poster. di 2 hari pertama merupakan ajang untuk setiap tim mempresentasikan karyanya, dan dihari ketiga lebih terlihat seperti pameran. Saat presentasi tim, saya hanya menjadi operator slide, hehe.. godai bertugas mengendalikan robot yang menjadi penelitian kami sedangkan Azhari menjadi tokoh utama dengan mempresentasikan karya sekaligus menjawab banyak pertanyaan dari juri.

Klo di 2 hari pertama terkesan tenang, serius dan menegangkan (lebay), di hari ketiga ini terasa lebih santai. kita lebih bisa melihat seluruh karya peserta pimnas, berinteraksi dengan peserta lain, berkenalan, pokonya lebih santai..

Foto bareng tim saya dengan tim tetangga dari ipb.. btw, dai lo ngeliatin siapa sih? haha..

Asiiknya bisa berkenalan dengan mahasiswa dari univ lain, bahkan tadinya ada ide untuk saling tukeran kancing jamal sebagai pertanda. sayangnya jamal yang kami pakai semuanya pinjaman, haha.. ternyata anak2 ipb yg ini sama aja kelakuannya.. Malam harinya usai pameran, saatnya jalan-jalan kota makassar mencicipi kuliner yang ada. Mie Titi menjadi tempat singgah kami malam itu..

foto di depan rumah makan mie titi..

Kata LO kami, mie titi ini cukup terkenal dan jadi tempat nongkrong anak muda/mahasiswa di makassar. pas saya cobain, lidah saya mungkin agak belum terbiasa sih dengan sensasi rasanya, tapi ya lumayan enaklah.

kedua rekan tim saya azhari dan godai melahap hidangan mie titi,, nyam nyam nyam..

Dengan selesainya pameran poster, maka acara yang tersisa adalah penutupan yang merupakan puncak acara dari pimnas ini karena pada saat penutupan ini akan diumumkan tim mana saja yang mendapatkan medali baik itu emas, perak, maupun perunggu. Semua peserta pimnas berkumpul dalam suatu auditorium, peserta duduk berdasarkan asal universitas dan yang menarik adalah sebelum acara penutupan dimulai setiap universitas mengeluarkan yel-yel mereka. Suasana yang ramai, penuh semangat, mendebarkan, sungguh suatu momen yang sungguh luar biasa. Dalam penutupan ini banyak sekali ditunjukan pertunjukan seni kebudayaan oleh mahasiswa-mahasiswi makassar, banyak sekali seni kebudayaan yang dipertunjukan dan semuanya menarik dan penampilan mereka juga sungguh hebat. pertunjukan yang sangat menarik perhatian adalah pertunjukan juggling bola, seorang penampil melakukan juggling bola tanpa henti, kemudian rekan-rekannya mengangkut si penjuggling ini dengan kondisi si penjuggling tetap menjuggling tanpa henti, suatu tingkat kesulitan yang sangat tinggi. penonton seakan dibuat berdebar-debar apakah si bola akan jatuh atau tetap berada dalam kontrol si penjuggling. dan bolanya memang tidak jatuh dimana di akhir penampilan bola akhirnya ditangkap si penjuggling dan seluruh penonton pun ramai bertepuk tangan.. Luar biasa, sayangnya saya tak mengabadikannya😦

Saat yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, pengumuman peraih medali. tegang dengan berharap-harap semoga kami bisa mendapat medali, dan ternyata tim saya masih belum berhasil mendapat satu medali pun😦 tapi tim itb lainnya berhasil meraih medali baik itu emas, perak, maupun perunggu walau sayangnya kami tidak berhasil menjadi juara umum. Penutupan pun selesai, selamat pada UGM yang saat itu menjadi juara umum, bagi saya sendiri sudah bisa terlibat dalam pimnas ini sudah meruapakan suatu kebahagiaan tersendiri..

Rangkaian acara formal pimnas selesai, esok harinya merupakan acara bebas yang bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan. tentunya waktu satu hari itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk berjalan-jalan, wisata kuliner, dan tak lupa oleh-oleh😀

Lokasi pertama kami adalah Air terjun Bantimurung. sesuai namanya disini ada air terjun, banyak pengunjung yang berbasah-basah ria bermain air terjun. kami pun ikut berbasah-basah ria walau hanya kaki doang yang basah, hehe..

air terjun bantimurung..

masih di lokasi yang sama, menaiki tangga ke bagian atas air terjun, berjalan terus tak sampai 10 menit kami sampai di sebuah gua. guanya sangat gelap, sulit untuk berjalan disana tanpa menggunakan alat penerangan. entah dulunya gua ini apa saya lupa dengan penjelasan orang sana, haha..

foto di dalam gua, bantimurung..

Saat itu hari Jum’at, menjelang siang kami (para lelaki) berhenti sejenak dari berwisata untuk menunaikan shalat Jum’at. shalat jum’at beres, lanjut menuju lokasi berikutnya.. lokasi berikutnya adalah kunjungan ke benteng rotterdam sebuah peninggalan bersejarah jaman penjajahan belanda. Benteng ini deket pantai jadi bisa sekalian ngeliat laut..

patung sultan hasanudin di depan benteng rotterdam

Menjelang sore, saatnya menuju pusat perbelanjaan oleh-oleh. Beli oleh-oleh apa ya?? hehe.. banyak pilihan yang bisa dibeli mulai dari makanan adat, ataupun benda/kesenian yang menjadi ciri khas kota makassar. Magrib sudah dekat, beli oleh2 selesai, saatnya kembali ke wisma.. eh tapi tunggu dulu, disini saya bareng penghuni labtek 8 lainnya memilih tidak ikut rombongan itb lainnya, kami memilih memisahkan diri untuk berwisata kuliner, hehe.. malam itu kami berjalan kaki menikmati suasana malam kota makassar dan membawa kami di restoran seafood. dan dipesanlah beragam jenis makanan seafood untuk dimakan bersama-sama. tak lama setelah selesai makan seafood kami berburu kembali, kali ini yang kami incar adalah konro bakar yang kebetulan berada di dekat restaurant seafood. dan Mmm, konro-nya sangat nikmat saudara-saudara, hahaha.. harus dicoba tuh klo ke makassar! dan rumah makan konro bakar ini menjadi tempat singgah terakhir hari ini sebelum kembali ke wisma.

Esok harinya saatnya kami pulang ke bandung, sebelum itu wisata kuliner terakhir dulu mengunjungi rumah makan coto makassar. Mmm,, makanan disini enak-enak ya, haha..

Semoga suatu saat bisa berwisata kesana lagi😀