Cerita lama tentang gelas..

Ini adalah suatu cerita lama yang pernah saya baca di salah satu notes teman saya 3 tahun lalu. cerita ini muncul lagi dalam ingatan, ketika kemarin mengobrol dengan seorang teman yang sepertinya dia mulai stress dengan tugas akhirnya yang belum selesai karena masih ada masalah yang tak tau akar masalahnya dimana. dia ampe begadang siang malam tak henti-henti untuk mencari akar permasalahan dan solusinya. dan saat kami makan saya menceritakan cerita ini ke teman saya itu,, mudah2an dia ga nambah stress dan tugas akhirnya segera beres. ini cerita tentang gelas…

***

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya:

“Seberapa berat menurut anda kira segelas air ini?”

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.

“Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegangnya.” kata Covey.

“Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya
memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”

“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya.” lanjut Covey.

“Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi”.

Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi.

***

Pesan moralnya tafsirin sendiri aja ya, karena tafsiran tiap orang mungkin berbeda dan itulah yang akan terjadi di dunia nyata.

Jadi mikir, saya ngasih cerita ini ke temen karena saya sedang emang lagi ga ngalamin (dapet masalah). emang seakan-akan gampang mengungkapkan kata-kata bijak, klo belum atau lagi ga ngalamin tapi pas ngalamin, mmm, susah dah. ibaratnya kaya komentator bola yang dengan enaknya ngomentarin pemain bola profesional padahal klo dia yg maen belum tentu bisa. dan saya sadar mungkin suatu saat saya juga bakal mengalami masalah/beban yang sulit dihadapi. karenanya saya menuliskan cerita ini sebagai pengingat kepada saya di masa depan yang sedang menghadapi masalah yang sulit,, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s