Bahagia itu …

Teringat suatu pertanyaan dari suatu acara yang sempat saya ikuti. Nama acaranya Lingkar Belajar dengan topik “Berbagi dan Berbahagia” yang diselenggarakan oleh “Komunitas Sahabat Kota”, mengundang beberapa pengajar muda angkatan pertama Indonesia Mengajar. kebeneran diajak ama temen buat ikutan, berhubung emang cukup tertarik saya ikut acaranya.

Hari itu saya dateng telat gara2 nyari dulu tempatnya dimana (alesan, padahal tau tempatnya juga tetep telat,, hehe.. maap ;)). nah jadi pas masuk ruangan, belum sampai duduk, saya langsung ‘ditodong’ pertanyaan …

“Menurut kamu, bahagia itu apa?”

Setelah perkenalan dulu, secara spontan saya ngejawab …

“bahagia itu membahagiakan orang lain”

Klo dipikir-pikir jawaban saya ini aneh juga ya? jawabannya rekursif. saya lupa kenapa ngejawab itu, jawabannya keluar secara spontan dari mulut. setelah saya ngejawab giliran peserta lain yang ikut perkenalan dan ngejawab pertanyaan yang sama. Jawabannya beragama ada yang jawab makan lah, tidur lah, dan lain sebagainya. cuma yang paling saya inget jawabannya salah seorang pengajar muda yang menjadi pembicara, dia ngejawab …

“bahagia itu senyum”

I agree with him!

walau saya akui terkadang senyum itu memiliki berbagai makna dan persepsi,, ya anggap aja senyum yang saya maksud, senyum bahagia (rekursif lagi ya?).

beberapa hari kemudian saya nemu post di tumblr yang akhirnya saya reblog.

7 Step to Happiness:

Think Less, Feel More

Frown Less, Smile More

Talk Less, Listen More

Judge Less, Accept More

Watch Less, Do More

Complain Less, Appreciate More

Fear Less, Love More

mudah untuk sekedar meng-klik reblog ataupun menuliskan ulang tapi merealisasikannya bukanlah perkara mudah. but I want to be happy and we never really know until we try😀

4 thoughts on “Bahagia itu …

  1. Bahagia itu banyak, banyak cara buat bahagia, kalopun mentok gak ada orang yang bisa dibahagiain, pasti masih ada cara buat kita berbahagia.
    Aku suka 7 step of happiness itu, aku copas ke note fesbuk ya.

Leave a Reply

