Pola Tidur

Kebanyakan orang memiliki pola tidur yang mirip, tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. emang sih jam tidurnya beda-beda, ada yang jam 8 atau jam 9 udah tidur, ada yang baru bisa tidur jam 10 atau jam 11 malem, atau bahkan beberapa orang sering begadang ampe jam 1 malem baru tidur. beberapa mahasiswa (setidaknya di jurusan dan universitas saya), banyak yang pola tidurnya sedikit berubah menjadi sering begadang, hal ini terbukti dari aktivitas mereka di sosial media yang masih aktif hingga malam hari. biasanya sih itu pengaruh ngerjain tugas, laporan, dan lain sebagainya.

Dan hal itulah yang terjadi dengan saya. semenjak masuk kuliah pola tidur saya cukup berubah, jadi tidur lebih malam dari sebelumnya. seperti yang tadi udahn dijelasin, hal ini pengaruh dari tugas2 kuliah yang jauh lebih banyak dibanding pas waktu sekolah dulu (sd, smp, sma). klo dulu pas masih sma, tidur kemaleman gara-gara nonton tv atau maen games di komputer, tapi pas masuk kuliah tidur kemaleman gara-gara ngerjain tugas,, hiks.. Dampaknya, karena tidurnya kemaleman maka bangunnya pun kesiangan, jadinya kadang2 (sejujurnya sering) suka bolos kuliah yang jadwalnya di pagi hari (Mohon jangan ditiru, ini perbuatan tidak baik).

dan beberapa bulan terakhir ini, pola tidur saya kembali berubah menjadi lebih buruk lagi. klo sebelumnya tidurnya kemaleman sekarang tidurnya “kepagian”. kepagian bukan dalam arti tidurnya lebih cepat dari biasanya tapi emang baru tidur di pagi hari. ┬ájadi akhir-akhir ini saya baru tidur sekitar jam 5 atau 6 pagi kemudian bangun sekitar jam 12 atau jam 1 siang. sedangkan di malam dan dini hari saya terbangun tanpa mengantuk sama sekali. klo di analisis (#halah..), pola tidur saya yang sekarang ini mungkin dampak dari begadang ngerjain TA beberapa bulan terakhir ini, tepatnya dari sekitar juli hingga oktober. waktu itu saya emang sering banget begadang buat ngerjain TA, entah kenapa lebih produktif aja klo ngerjainnya malem2, mungkin karena klo malem2 itu suasananya tenang sedangkan klo di pagi dan siang hari agak ribut karena banyak bertemu dengan orang-orang. dan semenjak itu saya mulai sering begadang dan begadang lagi, akhirnya mugnkin itu jadi kebiasaan dan mengubah pola tidur saya. dan hal ini masih berlanjut hingga saat ini (saat saya mengetik tulisan ini, di pagi hari menjelang tidur).

sejujurnya pola tidur ini tidak baik untuk kesehatan. saya sendiri mulai merasakan dampak negatif dari pola tidur ini. karena selain pola tidur yang berubah maka pola makan pun juga berubah, ga ada yang namanya sarapan pagi (tapi emang saya jarang banget sarapan sih) trus kelaperan di malam hari, fisik kurang sehat, dll (sejujurnya saya bukan ahli kesehatan, jadi ini sotoy aja). dan karena saya sadar pola tidur ini tidak baik, semoga pola tidur ini berubah kembali menjadi normal (tapi ga normal2 banget juga sih). ya, intinya sih pengen sehat..
dan buat anda yang sangat iseng membaca tulisan ini,, jangan tiru pola tidur saya, tidurlah dengan pola tidur yang benar, itu baik untuk kesehatan anda..

Leave a Reply

