Mau ngapain?? (abis lulus)

Tulisan ini ditulis berhubung bentar lagi, tanggal 29 Oktober 2011 nanti, Insya Allah  saya akan diwisuda.

klo sebelum sidang biasanya keluar pertanyaan gini :

“Kapan sidang?”

“kapan lulus?”

dll

Pertanyaan itu sekarang sudah terjawab, tapi muncul lagi pertanyaan baru :

“Abis lulus mau ngapain?”

Hmmm.. mungkin itu pertanyaan standar yang biasa ditanya pada mahasiswa yang baru lulus dan jawaban yang biasa keluar adalah : ngelamar kerja atau nyari S2. ya walaupun emang ada jawaban lain sih selain kedua itu. How about you??

biasanya tiap orang punya jalan2nya masing-masing, ada yang pengen bikin usaha sendiri tapi buat modalnya nyari uang dulu dengan bekerja. ada yang pengennya emang nyari kerja aja dan hidup mengikuti arus. ada yang masih pengen fokus ke studi dengan ngelanjutin s2 baru abis itu kerja, atau mungkin nganbil s2 karena ingin jadi akademisi. ada juga yang mengincar sekolah s2 atau cari kerjanya di luar negri. beda cerita, ada juga yang belum lulus udah bikin usaha, saking sukses usahanya kelulusan jadi tertunda. dan saya rasa masih banyak lagi jawaban lainnya..

Klo saya sih,,

– sama sekali belum berniat membuat usaha sendiri atau jadi entrepreneur. bukan karena saya menganggap usaha sendiri itu bukan jalan yang bagus tapi saya emang kurang berbakat dalam membuat usaha sendiri dan emang saya ga (atau belum) punya passion kesana. tapi saat ini entrepreneur sedang dibutuhkan karena saat ini negara ini masih kekurangan entrepeneur. kan katanya …

”Suatu negara bisa menjadi makmur bila ada entrepreneur (pengusaha) sedikitnya 2% dari jumlah penduduknya”, David McClelland

dan Indonesia hanya memiliki 0,18% dari jumlah penduduknya (ini sumbernya). jadi buat anda yang punya passion kesana, lakukanlah..

– tidak terlalu memikirkan untuk langsung lanjut s2 dulu. alasan simplenya sih, lagi males belajar lagi dan ga enak ngerepotin ortu lagi,, ya kecuali ada beasiswa yang sangat menggiurkan kali ya,, haha.. tapi sejauh ini udah banyak beasiswa s2 baik dalam negri maupun luar negri dan saya belum begitu tertarik. mungkin ini juga bukan jalan saya kali ya..

– tadinya mau ikutan Indonesia mengajar-nya pa anies baswedan. tapi entah kenapa saya jadi agak sedikit mengurungkan niat saya tersebut. bukan karena Indonesia mengajar yang ga bagus atau disana gaji-nya dikit atau apalah. justru ini kegiatan bagus banget tapi emang mungkin saya punya jalan lain aja kali ya. tapi ga menutup kemungkinan suatu saat saya bakal ikutan Indonesia mengajar ini entah itu angkatan berapa.

– Kerja (di suatu perusahaan), mungkin ini kecenderungan jawaban saya. setelah lulus saya akan mencari kerja. alasan simplenya, “mencari sesuap nasi”. ya masa udah lulus masih mau ngerepotin ortu (walaupun saya yakin ortu mah mau direpotin gimana juga tetep bantuin da sayang ama anaknya). ya, bisa dibilang saya ingin mencari kerja untuk menghidupi kehidupan dan menabung untuk masa depan. masa depan disini berarti : keluarga, cita-cita, dan hal yang tak terduga.

keluarga,, tentunya saya ingin menikah, punya istri (satu aja). dikaruniai anak. berbalas budi pada ortu walaupun jasa ortu sebenernya takkan terbalas oleh apapun. ya pokoknya orang bilang sih keluarga sakinah, mawadah dan warohmah. tapi itu kan masih lama, jadi santai aja lah ya, ga usah pacaran..

Cita-cita,, anda masih punya cita-cita? dan masihkah anda mengejarnya? jadi inget dulu waktu kecil suka ditanya cita-cita. trus dengan polosnya anak2 menjawab : ada yang jadi dokter, polisi, penyanyi, guru, dll. klo saya dulu jawabnya : saat sd cita-cita saya jadi guru matematika, saat smp cita-cita saya jadi penemu, saat sma cita-cita jadi orang sukses (padahal ga tau sukses apaan). benar-benar tidak konsisten,, haha.. dan akhirnya saya malah terdampar ke jurusan teknik tenaga listrik yang padahal sampai tingkat 1 kuliah saya sama sekali tidak tau menau tentang jurusan ini.. beginilah nasib saya sebagai korban dari sistem pendidikan bangsa ini.. tapi Tuhan memang baik, walaupun saya terdampar, saya terdampar di suatu tempat dengan lingkungan yang luar biasa sehingga saya bisa bertemu orang2 hebat. dan bersyukur karena itu, saya masih punya cita-cita, yang saya sebut sebagai “cita-cita khayalan” atau “Karisma Academy”.. (saya sudah pernah menuliskannya ).

Hal tak terduga,, kaya proposal ga jelas aja ya?! hehe.. maksudnya kita hanya bisa merencanakan sesuatu dan menjalankannya tapi kita kan ga tau apa rencana Tuhan.

Oh iya,, klo ditanya mau kerja apa atau dimana, saya juga bingung ngejawabnya. yang jelas saya sih pengennya pekerjaan yang saya dapat masih berhubungan dengan basis keilmuwan saya di power engineering. tapi ga menutup kemungkinan kerja yang ga nyambung ama basis keilmuwan saya. tapi sebisa mungkin sih saya nyari-nya yang masih berhubungan dan sesuai kemampuan saya. saya bukan tipe orang yang “kerja mah dimana aja yang penting gajinya tinggi”, saya orangnya pemilih, saya hanya akan memilih perusahaan yang saya anggap cocok walaupun gajinya mungkin tak sebesar perusahaan yang lain. gapapa deh dapet gaji yang lebih rendah juga asal masih di atas dari minimal yang saya harapakan,, haha..

Klo belum keterima gimana? nganggur kan tuh, mau ngapain? pede aja kali,, yakin deh bakal keterima,, haha.. tapi ya klo belum, sabar aja mungkin emang perusahaan itu ga cocok ama saya. pas nganggur itu bisa saya manfaatin buat menjalankan program palapa 3 hme, bantu-bantu rumah belajar hme yang mau diinisiasi. klo ternyata nganggurnya agak lama, tetep bakal cari kerja, mungkin kembali lagi mengajar bimbel/privat untuk sementara mencari sesuap nasi. dan klo nganggurnya udah kelamaan, bisa cukup menekan juga sih. apalagi klo ada adek kelas yang nanya, “sekarang kerja dimana kak?” hahaha.. tapi bismillah aja deh, Insya Allah kerjaan mah dapet. Amiin..

Ya itulah sedikit sharing dari saya, mungkin anda punya jalan lain, silahkan memang setiap orang punya jalannya masing-masing. ambillah jalan sesuai keinginan anda dan jangan terlalu terpengaruh oleh orang lain jika anda memang mau menjalani hidup dan mencapai masa depan yang anda impikan..

*Oh iya, saya hanyalah mahasiswa yg baru akan lulus, belum ada pengalaman, belum sukses, hanya menuliskan apa yang ada dipikiran, yang berarti klo ada nasehat2 di dalam tulisan ini belum tentu benar..

4 thoughts on “Mau ngapain?? (abis lulus)

  1. hoo.. begitu.. lucu pake istilah mencari sesuap nasi.. haha… Sukses ya kharis!

    Sukses yang saya maksud (Melakukan hal yang kmu benar2 suka yang memberi manfaat yang banyak buat diri sendiri dan orang lain sehingga memiliki hati yang tenang).. Amin..

Leave a Reply

