Palapa HME udah masuk IEEE Xplore loh,, hehe :D

Assalamualaikum..

Halo semuanya,, tau Palapa HME ITB kan?? klo belum tau baca ini dulu deh atau baca postingan saya yg tentang palapa hme lainnya..

udah lama banget kayanya saya ga nulis tentang Palapa HME,, mungkin gara2 pengen anak2 hme lainnya yg cerita saya jadi males buat nulis. tapi sekarang berhubung TA udah beres,, dan ada waktu ga ada salahnya saya cerita kabar terbaru tentang Palapa HME ITB..

Sedikit review tentang Palapa hme itb,, palapa hme ini pertama kali dilakukan oleh hme angkatan 2005 dengan berhasil membuat pembangkit listrik tenaga air skala pikohydro di desa Jayamukti, Garut. keberhasilan ini dilanjutkan oleh angkatan di bawahnya yaitu angkatan 2006 dan 2007 untuk membuat palapa 2 hme. palapa 2 hme akhirnya berhasil dilaksanakan di desa Mekarwangi, Garut denan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), rumah baca, dan peternakan ayam. Kegiatan Palapa hme ini udah banyak diikuti lomba dan telah mendapat beberapa penghargaan diantaranya :

– Finalis (5 besar) – Electrical Engineering Awards 2007. (Palapa 1)

– 2 Medali emas – Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat (PKMM), 2009. (Palapa 1)

– Penghargaan social organizations terbaik (juara 1) – ITB Entrepeneurship Awards  2009. (Palapa 1 dan 2 atas nama HME)

– Pengabdian Masyarakat terbaik – Proficio Awards ITB 2010. (Palapa 2)

IEEE Exceptional Student Humanitarian (Juara 3) – IEEE Presidents’ Change The World Competition 2010. (Palapa 1 dan 2 atas nama Palapa hme itb)

Ya,, kira2 itulah beberapa penghargaan yang telah diterima Palapa HME,, dan bisa dibilang yang paling membanggakan adalah saat Palapa menjadi juara 3 ieee presidents’ change the world competition. Kenapa paling membanggakan padahal cuma juara 3 sedangkan penghargaan lain juara 1?

– jelas karena penghargaan itu diberikan oleh IEEE (Institute of Electrical & Electronics Engineers). mungkin buat anak non-elektroteknik banyak yg ga tau apa itu IEEE, tapi buat anak elektroteknik harusnya tau klo IEEE adalah organisasi engineer2 elektro terbesar di dunia.

– saingan di lomba ini bukan cuma mahasiswa s1 tapi s2 dan s3 juga.

– saingan kami merupakan mahasiswa2 dari seluruh universitas top2 dunia

– dan penyerahan penghargaan dilakukan di Kanada, bersamaan dengan penyerahan penghargaan IEEE lainnya. kami mengirimkan seorang perwakilan kesana, disana dia bisa bertemu dengan orang2 luar biasa dan dia berkesempatan berfoto bersama vice president Google, Wow!!!

ya, kebanyakan penghargaan itu terjadi di taun 2009 dan 2010 setelah palapa 1 dan 2 selesai. Bagaimana di 2011??

Hmmm,, jadi di tahun 2011 Palapa belum dapet penghargaan dari suatu lomba tapi bisa dikatakan Palapa hme telah membuat prestasi baru. Ya,, sesuai dengan judul post ini,, Paper Palapa HME ITB yang berjudul

“PALAPA – Distributed power generation for the development of underdeveloped villages in Indonesia”

sekarang telah masuk dalam IEEE Xplore. IEEE Xplore adalah suatu digital library elektroteknik terbesar di dunia, di bawah naungan IEEE. ini linknya..

Alhamdulillah ya..

Ko bisa masuk??

jadi ceritanya,, di bulan July 2011 lalu ada sebuah acara konferensi internasional tentang elektroteknik yaitu ICEEI 2011. nah di ICEEI 2011 ini membuka Call for Papers yang artinya kita bisa mengirimkan paper penelitian kita kesana untuk bisa tampil dalam konferensi tersebut. Saya bersama teman2 membuat paper tersebut dan mengirimnya. dan Alhamdulillah paper kami lolos untuk tampil dalam ICEEI. teman saya agil mempresentasikan Palapa ini di konferensi ICEEI yg diadakan 17-19 Juli 2011 lalu dan kini paper palapa sudah ada di IEEE Xplore..

Terima Kasih untuk semua yang telah membantu dalam kegiatan ini..
😀😀😀

Mari kita buat prestasi baru di 2012 dengan PALAPA 3 HME ITB!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s