Palapa HME : menuju Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010

PPKI 2010 merupakan penyelenggaraan ke-4. Pada tahun 2007 dan 2008, PPKI pernah diselenggarakan dengan nama Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI). PPKI 2010 dilaksanakan dengan berbasis pada eco friendly creative product (produk kreatif ramah lingkungan). PPKI merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari Pameran, Konvensi dan Gelar Seni Budaya.

Pada pameran ini berbagai institusi diundang untuk mengisi acara/stand. ITB merupakan salah satu dari 8 institusi yang diundang untuk mengisi stand di pameran tersebut. Dari banyaknya karya yang dihasilkan mahasiswa ITB, akhirnya Palapa HME ITB dipilih untuk mengisi stand ITB. sungguh suatu kehormatan bagi Palapa HME dapat mengisi stand ITB di acara sebesar PPKI 2010. sebenernya karya ITB yang bakal tampil di PPKI 2010 bukan cuma Palapa HME tapi ada yang lain juga seperti : Thousand Hands Revolutions (THR) milik tim putri petir HME, Robot Hexapod yang dapat melakukan banyak hal yang merupakan TA-nya kang syawal elektro ’06 (HME juga), dan suatu animasi 3D milik LSKK (walau bukan HME tapi masih elektro). nah bedanya, ketiga karya tersebut tidak ditampilkan di stand ITB melainkan di stand yang lebih mewah lagi yaitu stand-nya kementrian Riset dan Teknologi.

Balik lagi ke standnya ITB,, disini karena yang ditampilin hanya Palapa HME menjadikan tantangan bagi tim Palapa untuk menampilkan sesuatu yang ‘Wah”. kenapa harus ‘Wah’? soalnya ini acara besar yang pembukaannya saja bakal dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (Rencananya seperti itu). nah klo standnya biasa2 aja kan membosankan tuh, ntar malu2in ITB donk. Jangan sampai!!! pokoknya si pameran ini kita bakal mencoba menampilkan yang terbaik yang bisa kami usahakan dalam waktu yang tersisa ini.

Mungkin beda dengan peserta pameran lainnya yang bisa nampilin hasil karyanya secara langsung, tim Palapa HME ga bisa nunjukin hasilnya secara langsung. kenapa? ya jelaslah karena program Palapa ini bikin pembangkit di suatu desa terpencil. masa kita mau bawa dulu pembangkitnya dari garut terus bikin pembangkit disana (hehehe…). ya dengan kondisi seperti itu, kami hanya bisa menampilkan foto-foto, poster, dan video. tapi klo cuma itu aja kayanya bakal ngebosenin maka dari itu kami berniat untuk membuat Maket Palapa. maket ini akan menjelaskan kinerja dari pembangkit yang kami buat. waktu kami hanya tinggal 1minggu dikurang 3-4 hari (nonton KRI-KRCI di malang) wah berarti cuma sekitar 3 hari donk,, hehehe… 3 hari saya rasa cukup asal usahanya maksimal. mudah2an tim Palapa dapat menjalankan amanah ini dengan baik..

Amin..

2 thoughts on “Palapa HME : menuju Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s