Prepare for KP : Belajar Geothermal Energy part 1

Ga kerasa semester 6 sudah akan berakhir, ini berarti akan tiba saatnya untuk Kerja Praktek. Alhamdulillah saya akhirnya dapet tempat KP di Indonesia Power, Unit Bisnis Pembangkit Kamojang. Bersama 3 dewi power ’07, saya akan coba belajar tentang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Berhubung di kuliah ga belajar khusus tentang PLTP jadi saya mencoba belajar dikit-dikit,, ya setidaknya ntar pas KP ada pengetahuan dikitlah (supaya saya ga malu2in nama ITB). So, mari belajar tentang Geothermal Energy…

Dalam lapisan bumi terdapat reservoir air yang merupakan kumpulan air hujan turun. Secara alami, sumber panas bumi (seperti magma, molten rock, dll) memanaskan air menjadi superheated liquid dan steam (uap panas). Proses alami ini dimanfaatkan untuk membangkitkan Listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Secara umum, sistem PLTP tidak jauh berbeda dengan PLTU lainnya yang berbahan bakar batu-bara ataupun diesel. hanya saja, pada PLTP tidak ada proses pemanasan yang menggunakan bahan bakar karena proses tersebut sudah terjadi secara alami di perut bumi. Superheated liquid dan steam diambil 5.000-10.000 ft di bawah permukaan bumi diambil menggunakan suatu pipa yang dinamakan Production wells. production well membawa superheated liquid ke permukaan bumi. kemudian superheated liquid ini dapat diolah menjadi energi listrik dengan 3 cara :

1. Dry Steam Power Plant

Pada type ini, hanya memanfaatkan uap panas. uap panas yang disalurkan melalui production wells langsung dialirkan ke turbin. turbin ini akan memutar generator untuk menghasilkan listrik. sisa uap panas dari turbin disalurkan kedalam kondensor untuk mengubahnya menjadi air. air ini kemudian dimasukan kembali ke dalam reservoir melalui injuction well.

Type ini digunakan pertama kali pada tahun 1904 di Lardarello, Italy dan merupakan PLTP pertama di Dunia (PLTP masih aktif digunakan sampai sekarang).

2. Flash Steam Power Plant

Berbeda dengan Dry steam yang memanfaatkan uap panas, pada type ini yang digunakan adalah Superheated liquid. superheated liquid yang dibawa oleh production well dimasukan ke dalam suatu tangki yang diberi nama Flash tank. Flash tank memiliki tekanan yang lebih rendah sehingga superheated liquid akan cepat berubah menjadi uap yang disebut flash steam. flash steam inilah yang digunakan untuk memutar turbin. Sisa air pada flash tank dan uap panas pada turbin akan disalurkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well (sisa uap panas di turbin diubah terlebih dahulu menjadi cairan melalui kondensor sebelum dimasukan ke reservoir).

Type ini terbagi lagi menjadi : single flash , double flash, dan multiflash. pada double flash, sisa air pada flash tank pertama disalurkan kembali ke flash tank kedua.Pada multiflash sisa air dari flash tank kedua di salurkan kembali ke flash tank berikutnya.

Salah satu pembangkit yang menggunakan type ini adalah Cal-Energy Navy I, yang berlokasi di Coso Geothermal Field, California.

3. Binary-Cycle Power Plant (BCPP)

Berbeda dengan 2 type sebelumnya, pada type ini, baik air maupun uap dari production well tidak pernah menyentuh turbin. Superheated liquid dari production well digunakan untuk memanaskan working fluid pada heat exchanger. Superheated heated yang telah masuk ke dalam heat exchanger akan disalurkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well. working fluid yang dipanaskan akan menghasilkan uap yang disebut secondary (binary) fluid. uap inilah yang digunakan untuk memutar turbin. sisa uap dari turbin akan masuk ke dalam kondensor untuk diubah menjadi cairan. cairan tersebut kemudian masuk kembali ke dalam heat exchanger sebagai working fluid.

BCPP dapat dioperasikan pada temperatur rendah, 90 0C – 1750 0C. Salah satu pembangkit yang menggunakan type ini adalah Mammoth Pacific Binary Geo-thermal Power Plants di Casa Di-ablo geothermal field, USA.

Persebaran jenis PLTP di dunia : 29% dry steam, 37% single flash, 25% double flash, 8% binary-cycle, dan 1% backpressure (Bertani, 2005).

——————————————————————————————————————————

How PLTP works?? check this out :

sumber :

Lund, John W. (June 2007), “Characteristics, Development and utilization of geothermal resources”, Geo-Heat Centre Quarterly Bulletin (Klamath Falls, Oregon: Oregon Institute of Technology)

http://esdm.go.id/index-en/54-articles/3420-geothermal-power-plant-technology.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s