PALAPA II HME : Finish Line is in Sight!!

Ada yang tahu itu foto pas kapan?

08.07.2008
pada tanggal itulah untuk pertama kalinya tim PALAPA II HME melakukan survey.tim palapa II yang saat itu seluruhnya angkatan 2006 (angk 2007 belum jadi anggota HME) ditemani oleh pa mamo dan mang godeg (penjaga kantin sipil), tim palapa ditunjukan ke desa mekarwangi, suatu desa yang tak jauh dari desa lokasi palapa I (desa jayamukti). tim palapa yang baru pertama kali kesana langsung disambut hangat oleh warga disana. liatlah betapa tim palapa II langsung diajak untuk manggung di acara warga padahal baru pertama kali kesana..

dan hari setelahnya tim palapa II langsung survey ke sungai..

Ooopss,, maaf ada yang ga pake baju..

Saat itulah TIM PALAPA II berlari dari garis START..

Perjalanan tim Palapa II memang tidak mulus, banyak halangan dan rintangan yang menghadang. Namun walapupun banyak halangan dan rintangan tidak meruntuhkan semangat tim Palapa II untuk tetap melanjutkan misi dari PALAPA. sebuah misi mulia tentang pengabdian masyarakat yang selalu bisa menjadi inspirasi.

Tanggalnya saya lupa (yg jelas bersamaan dengan LPJ HME 2008/2009), untuk pertama kalinya dilakukan pekerjaan teknis pertama kali di Garut. pekerjaan yang dilakukan adalah memasang tiang lampu jalan.

20.01.2010
untuk pertama kalinya saya ikut tim palapa II ke Garut. pada tanggal ini dilakukan pekerjaan teknis berupa pemasangan sel surya beserta kontroller, pemasangan jaringan distribusi, dan pemasangan lampu.

21.01.2010
Pengetesan pertama sel surya dengan penyalaan lampu jalan. sangat disayangkan penyalaan pertama gagal karena adanya short circuit di beban. kegagalan ini tidak membuat tim palapa II menyerah, kembali ke bandung mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk kembali lagi membayar kegagalan. sebelum pulang refreshing dulu kk..

29.01.2010 – 30.01.2010
bertekad membayar kegagalan sebelumnya tim Palapa II kembali ke Garut. yang dilakukan pada saat itu adalaah memperbaiki console (pengontrol sel surya) dan pemsangan instalasi di madrasah, posyandu, dan mesjid.
Pengetesan kedua dilakukan. Bismillah …

Alhamdulillah, lampu dapat menyala dan tidak ada masalah. malam minggu pun kami habiskan dengan berjalan-jalan dengan warga melihat jalan yang kini terang di malam hari..

Terdengar suara berkumandang di malam itu ..

Ok Champ!!
Elektro Elektro Elektro!!

Ok Champ!!
Elektro Elektro Elektro!!

Ok Champ!!
Elektro Elektro Elektro!!

Elektro!!
We can Fight!!

Elektro!!
We can Fight!!

Elektro!!
We can Fight!!

Cobaan kembali datang,, tak lama (sekita 10 hari) setelah pemasangan sel surya (PLTS), PLTS tersebut mengalami kerusakan akibat petir. untunglah tidak banyak yang rusak hanya controllernya saja yang rusak. ini berarti pekerjaan teknis belum berakhir…

19.03.2010 – 20.10.2010
Palapa tuh cuma bikin pembangkit listrik aja ya??
engga kok, selain bikin pembangkit masih ada kegiatan lain seperti halnya yang dilakukan pada tanggal ini yaitu …

MBC atau “Mekarwangi Bahagia dan ceria”, sebuah kegiatan lomba untuk anak-anak disana. yang dilombakan diantaranya lomba cerdas cermat, mengambar, mewarnai, dan kaligrafi.

bersamaan dengan acara ini, dilakukan penambahan kapasitas sel surya yang asalnya 600 Wp menjadi 1000 Wp.

2.04.2010 – 8.04.2010
Semua permasalahan teknis diselesaikan, dari mulai instalasi kabel sampai console PV(pengontrol sel surya).

Pekerjaan teknis selesai tidak berarti kegiatan PALAPA II berakhir,, masih ada kegiatan-kegiatan palapa II lainnya..

Finish Line is Not Here!!

24.04.2010 – 25.04.2010
Ingat!! Palapa II tidak hanya membuat pembangkit listrik..

Rumah Baca Palapa adalah salah satu kegiatan Palapa II. Sesuai dengan namanya rumah baca Palapa merupakan tempat untuk warga (khususnya anak-anak) untuk menambah wawasan dengan membaca buku.
Pada tanggal ini, tim palapa II pergi ke Garut untuk membawa buku untuk Rumah Baca..

Terima Kasih untuk yang sudah menjadi donatur dan menyumbang buku untuk Rumah baca Palapa. Mudah-mudahan amalnya bisa menjadi amal jariah yang pahalanya terus mengalir. Amin..

Selain itu kami juga menyelesaikan kegiatan MBC yang sebelumnya sudah dilakukan. pada kegiatan MBC kali ini diberi tambahan kegitan berupa :

belajar bersama

bermain bersama

dan membaca buku di Rumah Baca

Selain Rumah Baca Palapa, kegiatan Palapa II lainnya adalah Peternakan Ayam. Palapa II membuat peternakan di 4 RT di desa mekarwangi untuk dikembangkan warga, diharapkan peternakan ini bisa membantu perekonomian warga di desa mekarwangi..

Finish Line is In Sight!!

tak terasa PALAPA II HME telah berjalan hampir 2 tahun. hampir semua kegiatan telah dilaksanakan dan ini berarti PALAPA II akan segera berakhir..

Selama belum sampai garis Finish, maka perjuangan tidak boleh berakhir. Garis finish sudah di depan mata, mari berjuang tinggal sedikit lagi…

PERESMIAN PALAPA II HME
19 Mei 2010
@ Desa Mekarwangi

Karena Satu Tindakan Mengalahkan Seribu Ucapan

One thought on “PALAPA II HME : Finish Line is in Sight!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s