Palapa II HME : On The Move!!

Jum’at 2 April 2010
Tim Palapa yang terdiri dari mas Rama, ka Qosdha, mas Ditto, kang Ryan, dan saya pergi ke garut. pergi dari terminal caheum sekitar jam 7pagi sampai di terminal garut jam setengah 11. pergi dari terminal garut sekitar jam 1 (elf-nya ngetem parah) sampai di mekarwangi jam setengah 6. kami pun beristirahat setelah perjalanan selama hampir 12 jam..

Sabtu April 2010
Seperti biasa, saya menjadi orang terakhir yang bangun. kami briefing sebentar untuk menyiapkan semuanya. agenda pada hari itu adalah :
– pembuatan console, pemasangan wiring dari PV ke console, dan penanaman grounding. pelaksana: kang Ryan dan saya serta bantuan warga.
– pemasangan kabel distribusi dari mesjid Al Hidayah (mesjid depan rumah pa dedin) ke mesjid yang di RT 2, pemasangan instalasi di mesjid RT 2. pelaksana : mas Rama, mas Ditto, dan ka Qosdha serta bantuan warga.

– pembuatan console berjalan lancar. console terdiri dari 2 controller PV, 1 inverter, dan proteksi berupa arrester, mcb, dan fuse. sekedar flash back,, pada tahap I tim palapa memasang 600Wp, dan di tahap II ini tim palapa menambah 400Wp, sehingga total dayanya adalah 1kW. listrik ini digunakan untuk lampu jalan, mesjid alhidayah, madrasah, rumah pa dedin, mesjid rt 2, peternakan ayam, dan inkubator telor.

– pemasangan kabel distribusi berjalan lancar. saya ga ikut bantu disini jadi ga begitu tau kondisinya.
– penanaman kabel ground lancar walaupun tidak sesuai rencana. rencananya kabel ground (kabel yang dipakai adalah kabel BC50) akan ditanam ke tanah sedalam 3 meter (kata kang Ryan, standarnya segitu). namun pada kenyataannya sulit untuk menanam sampai 3 meter. akhirnya kabel ground di tanam sedalam 1,8 meter (ini dianggap aman oleh kang Ryan).

Akhirnya kami selesai bekerja sekitar jam 9 malam (sempet rehat dari magrib sampai isya). Hari itu kami selesai bekerja namun pekerjaan teknis masih belum selesai. masih ada hal-hal teknis yang masih harus diselesaikan.

Minggu 4 April 2010
pagi-pagi sekitar jam 6pagi kami bersiap untuk pulang. apa daya walaupun sudah bersiap pagi2 tapi ternyata kami tetap telat. kami ketinggalan mobil elf dan akhirnya harus berjalan kaki (sekitar setanagh jam lah) untuk mengejar elf yang sudah pergi duluan (elf sering ngetem lama,, jadi masih bisa dikejar). belum jauh perjalanan, tiba2 mobil berhenti, ternyata bannya kempes. kami harus menunggu kenek mengganti ban mobil. tak lama setelah bannya diganti, tiba2 DUAR!! slah satu ban meledak,, untung aja ga ada apa2. ban pun kembali diganti. setelah itu perjalanan menuju ke bandung berjalan lancar. dan sesampainya di bandung, saya pun siap (sebenarnya ga siap) menghadang tumpukan tugas2 yang pada akhirnya tidak semua tugas terselesaikan.

Kamis , 8 April 2010
Three Musketeers palapa II yaitu mas Rama, mas Ditto, dan kang Ryan pergi kembali ke Garut untuk menyelesaikan hal-hal teknis yang belum selesai..

Mohon doa’nya untuk keberjalanan perjalanan dan kegiatan mereka agar berjalan dengan lancar.

Palapa II HME on the move :
– Penyelesaian hal-hal teknis
– Penyelesaian peternakan ayam (kandang ayam sudah dibuat, tinggal ayam dan inkubator yang belum)
– final MBC. (Tuinggu tanggal mainnya!!!)
– Rumah Baca Palapa II.
http://www.facebook.com/profile.php?v=app_2347471856&ref=profile&id=1262294395#!/notes/amirinnisa-atrisandi/rumah-baca-palapa-ii/107221092650491
– Penutupan Palapa II

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s