Palapa dan badai UTS..

masih tentang saya dan palapa hme. kali ini bukan cerita perjalanan maupun kegiatan di garut hanya cerita di kampus.

dimulai dari hari setelah saya ber-‘longweekend di garut‘. setelah pulang dari garut, saya kembali menjalani aktivitas seperti biasanya (kuliah, hme, dan pulang untuk beristirahat). rabu 3 maret 2010,, saya lagi ngobrol2 sama anak2 ws (salah satunya karin), tiba2 kang ryan dateng dan percakapan pun dimulai…

k’ ryan : “rin, ma, kalian lg ada kerjaan ga?”

karin : “ga”

saya : “ga ada, emang kenapa kang?”

k’ ryan : “ikut rapat yuk, mw ngomongin progress sel surya”

saya + karin : “Hayu!!”

k’ ryan : “tadinya yg diajak kumpul cuma si rama, qosdha, ama dito. cuma mumpung lg ada kalian, saya ajak aja sekalian.”

begitulah, saya (karin juga) yang kebetulan berada di hme diajak kumpul palapa. rapat/kumpul ini membicarakan tentang laporan dari divisi sel surya.

Laporan div sel surya ini menyangkut masalah controlller yang rusak akibat induksi petir dan rencana penambahan PV tanggal 13 maret nanti.  k’ ryan belum berhasil menemukan titik kerusakan di controller yang lama dan klo ga ngebenerin sendiri harus dibenerin di amerika (wew, jauh kalee) jadinya dia memberi saran untuk membeli controller baru. dia juga ngasih opsi apakah membeli satu kontroller dengan kualitas sangat baik dan kapasitas besar atau membeli 2 kontroller dengan kualitas baik dan kapasitas kecil. beberapa jam kemudian, dihasilkan keputusan: divisi sel surya harus mencari tahu dulu titik kerusakan controller dan bila pada hari tertentu (lupa deadline kpn) belum bisa berhasil maka mau gau mau harus beli controller yang baru. keputusan ini tentu saja menyangkut masalah dana. harga controller cukup mahal, jadi sebisa mungkin controller yang rusak bisa diperbaiki tapi jangan sampai makan banyak waktu bwt ngebenerinnya.

Kamis 11 maret 2010, pas kuliah ast (jam 9) ketemu kang ryan (kan sekelas) trus dia ngomong,  “ma, ntar sore ikut rapat palapa ya! jam 4 di hme”. Oke deh!! sambil nunggu rapat, ikutan roadshow robocool di sman 8 bdg bareng paulus, karin, dan k’ ryan.  akhirnya jam 4 saya ikut rapat palapa. peserta rapat : mas rama (ketua palapa 2), ditto (kadiv distribusi), qosdha (kadiv engineering), ryan (kadiv sel surya), sofyan (kadiv comdev), firman A (kadiv pubdok), artha (staff comdev, mantan ketua divkom), karin (staff comdev, ketua MBC “Mekarwangi Bangkit dan Ceria”), dan saya (staff distribusi, si anak bawang yang bukan ketua atw kadiv apapun,, hehe). agenda rapat kali ini membicarakan progress palapa dan rencana ke depan.

dimulai dari div sel surya. controller yang kemarin rusak ga bisa diperbaiki jadinya kita membeli controller yang baru. sayangnya controllernya baru sampai di bandung (barangnya kan di impor) hari sabtu (13 maret). nah, karena hal itu, mau ga mau rencana penambahan pv tgl 13 maret harus diundur (lagi!?) jadi tanggal 20 maret.

dari div distribusi (divisi saya nih), akan beli kabel distribusi 750 m dan penambahan 3-4 tiang lampu jalan.

dari peternakan ayam, penyuluhan sudah sekali dilakukan. peternakan akan segera dibuat dan ayam yang diternak sebanyak 32 ayam (28 betina dan 4 jantan). ayam yang diternak kebanyakan betina karena yang akan diambil dari peternakan ayam ini adalah telurnya.

dari comdev, koperasi dan kampung bangkit sedang diurus oleh rumah amal salman. rencananya MBC akan dilaksanakan tanggal 20 maret di sd 3 mekarwangi. surat pemeberitahuan sudah diberikan secara langsung ke sd-sd mekarwangi (kecuali sd 5 yang suratnya dititipkan). acara mbc belum disusun dengan baik, jadi mesti kumpul lagi dan butuh kepanitiaan.

dari pubdok, semua dokumentasi palapa dari awal sampe akhir akan dikumpulkan. mulai dari dokumentasi photo, video, maupun dokumentasi rapat, eval, maupun hal-hal teknis yang pernah dialami tim palapa 2.

dan berakhirlah rapat pada hari itu.

esok harinya, saya mendapat kabar buruk (mungkin gara2 bolos reksis jadi aja) bahwa minggu depan ada UTS. senin uts pembangkit, rabu uts ast dan jumat uts reksis. Arghh, kenapa waktu berjalan begitu cepat, ilmu yang masuk baru dikit (atau belum ada yang masuk mungkin), eh udah ada  UTS. tapi sebenernya wajar sih, emang sekarang udah minggu uts. yang jadi masalah adalah ada UTS reksis pada hari jum’at dimana pada hari itu rencananya tim palapa 2 bakal pergi ke garut buat penambahan pv dan mbc. nah karena ada uts, sepertinya saya ga bisa ikut garut buat ngebantuin tim palapa. sial banget, padahal dari niat bantu2, eh ada aja halangannya. ya sudahlah, saya berharap ada suatu keajaiban, jadi saya tetep bisa uts tp bisa bantu2 tim palapa juga..

Doakan saya agar sukses dalam menjalani uts, dan doakan juga tim palapa 2 agar sukses dengan kegiatan palapa nya. amiin.

“Do what you love, Love what you do”

Leave a Reply

