Longweekend di Garut part 2

Melanjutkan kisah sebelumnya. …

Setelah memutuskan untuk ikut ke Garut  esok maka saya pun pulang ke rumah setelah sempat beberapa hari nginep di hme. besok harinya yaitu hari-H tanggal 26 Februari 2010, saya sudah siap untuk dijemput (hehe..). saya pun dijemput di depan sman 24 bandung setelah menunggu sekitar sejam. Rombongan yang pergi saat itu terdiri dari 3 mobil yaitu :

  1. mobil toyota yaris merah

    Mobil keren ini dibawa oleh anak2 IMG (Ikatan Mahasiswa geodesi) yang berjumlah 5 orang. anak2 img ini mempunyai tujuan untuk memplot tempat2 umum (seperti masjid, posyandu, kantor rw, dll) di desa mekarwangi untuk dibuatkan petanya yang nantinya diharapkan berguna untuk rumah salman dalam menjalankan kampoeng bangkit di desa mekarwangi. klo saya ga salah denger, yang dilakukan oleh anak2 img ini berhubungan dengan PKM yang mereka ikuti.

  2. mobil APV warna hitam

    Mobil ini dihuni oleh tim rumah amal salman yang terdiri dari supir, seorang laki2 yg bertugas sebagai photographer, dan 3 akhwat yang salah satunya adalah teh widi sang pimpinan rombongan kali ini.

  3. mobil APV warna coklat

    Mobil ini dihuni oleh rumah amal salman dan dari hme terdiri dari (dimulai dari yg duduk di depan):

– sang supir bernama kang Asep

– kang eko, beliau dari rumah amal salman yang akan mengembangkan ekonomi dari desa palapa.

– kang mukhsin, geodesi’06 yang menjadi bagian dari rumah amal salman.

– kang yandi, seperti halnya kang eko, beliau juga mengurusu masalah ekonomi

Dan yang duduk di belakang adalah yg dr hme yaitu saya dan kang Sofyan.

(Nah lo, ko dr HME cuma berdua? bukannya karin mw ikut juga?)

Hehe, dari hme jadinya cuma berdua berhubung si karin tepar (sebut saja tepar, karena klo disebut sakit, kemungkinan besar bakal berkata : “ga ko, aq ga sakit”).

Itulah para rombongan yang berangkat ke Garut dengan agenda yang berbeda2.

Perjalanan pake mobil rental sungguh sangat sangat jauh lebih nyaman dibandingkan naik kendaraan umum. gimana engga? klo naek transport umum itu hampir setiap saat ‘diganggu’ sama pedagang dan pengamen. sebenernya gpp sih klo mereka berdagang atw ngamen tp yg suka bikin kesel itu, ga sedikit dari pengamen dan pedagang yang agak ‘maksa’. yah pokoknya mesti sabarlah klo naek transport umum. nah klo naek mobil rental, ga nemu tuh yang namanya penjual dan pengamen yg suka ‘maksa’, abis gitu tempatnya juga jauh lebih nyaman klo dibandingkan dengan naek elf dari terminal garut ke mekarwangi. bayangin aja klo naek mobil elf, dalam satu mobil itu bisa ampe 20 orang yang naek bersama barang2 bawaan, bahkan terkadang ayam dan kambing pun ikut serta dalam mobil elf itu. yah intinya transport yang digunakan untuk perjalanan kali ini mantabs abess lah..

Transport yg digunakan memang nyaman tapi tentu saja ada tapi-nya. jalan-jalan di desa palapa itu banyak banget yang rusak, jadi ga mudah untuk dilalui. nah, hal ini menjadi momok tersendiri bwt mobil2 bagus, klo bawa mobilnya ga bener bisa2 mbilnya lecet atw olinya kena atw mogok atw apalah. dan hal itu juga yang menyebabkan tim palapa 2 enggan untuk membawa mobil pribadi untuk pergi ke Garut.

Setelah melewati jalan-jalan yang ‘luar biasa’ akhirnya kami sampai juga di kampung awilega (lokasi palapa 1). Saya langsung mendapat kesan yang luarbiasa pada saat berada di kampung ini. Warga yang kami temui di jalan langsung menyambut kami dengan senyuman dan salaman hangat. kami yang saat itu baru sampai begitu sangat dihormati disana. sungguh luar biasa hasil kerja keras tim palapa 1 yang menjalin hubungan dengan masyarakat dengan sangat baik. saat disana, saya (dan yang lain tentunya) langsung dijamu oleh mang godeg (penjaga kantin hms yg sudah di itb sekitar 11 thn) di rumahnya. kebetulan di rumah mang godeg bakal ada acara esok harinya jadinya di depan rumahnya sudah dipasangi panggung dan alunan musik dangdut terus bergema di sekitar rumah mang godeg. disana kami banyak ngobrol mengenai kondisi kampung awilega setelah dipasangnya listrik palapa. mang godeg juga sempet nawarin tempat buat kegiatan palapa 3, tempatnya masih di kecamatan cihurip. saya menanggapinya dengan mengatakan untuk di survey dulu tempatnya (kan lokasi palapa ga boleh sembarangan). setelah dari rumah mang godeg kami pindah ke rumah .. 9aduh lupa namanya, pokonya ke rumah seorang tokoh yang dihormati).

Kami ke awilega karena tim rumah amal salman memiliki agenda disana. sementara itu, anak2 img sibuk memplot titik tempat2 umum untuk peta mereka. sedangkan kami sendiri (kang sofyan dan saya) tidak punya keperluan khusus di awilega jadi kami langsung siap2 untuk berangkat lagi menuju desa mekarwangi. klo pergi naik kendaraan lagi akan repot, oleh karena itu kami berencana pergi dengan berjalan kaki. nah, dari kami kan ga ada yangv tw jalan ke sana makanya kami minta dianterin sama … (sama siapa coba??) sama mang mamo (penjaga kantin hme) yang kebetulan lagi ada di garut. mang mamo bersedia mengantarakan kami ke mekarwangi. Kami (ga semua dari rombongan awal ikut, beberapa orang dari rumah amal salman tetap berada di awilega menyelesaikan agendanya) pun berangkat ke mekarwangi.

Perjalanan menuju mekarwangi membuat saya merasa menjadi bolang. berjalanan di area persawahan yang licin akibat guyuran hujan, menyebrangi sungai, menikmati indahnya pemandangan alam, jadi inget lagunya ninja hatori ..

‘mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra. bersama teman bertualang ..’

Setelah melewati area persawahan kira2 1 jam, akhirnya kami sampai juga di mekarwangi. seperti biasanya, tempat persinggahan kami di desa mekarwangi ini adalah rumah pa Dedin. di rumah pa Dedin ini semuanya beristirahat (kecapean abis jalan dari awilega ke mekarwangi). tim rumah amal salman berbincang2 dengan pa Dedin mengenai perekonomian yang nantinya bakal dikembangkan. sedangkan saya mengautiskan diri untuk bermain dengan si ilma (cucunya pa Dedin yg masih kecil). jiwa kekanak-kanakan saya benar2 hidup kembali, haha..

Esok paginya, kami sudah siap bergegas untuk pergi kembali. kali ini kami berpencar, tim rumah amal salman kembali ke desa awilega sedangkan tim hme dan img pergi ke sd mekarwangi. sd mekarwangi totalnya ada 5, tapi kami cuma akan pergi ke 4 sd. kenapa? karena akan menghabiskan banyak waktu klo pergi ke 5 sd tersebut apalagi tiap sd jaraknya lumayan jauh(itu kata saya klo kata penduduk sana sih bilangnya deket).

tujuan pertama adalah sd mekarwangi 3, sd terdekat dari rumah pa Dedin. perjalanan ke sana kira2 30 menit jalan kaki (padahal ini sd terdekat) dr rumah pa dedin. pas disana kami langsung ke ruang guru nyari kepala sekolah. ternyata kepala sekolahnya ga ada, jadinya kami menitipkannya ke guru yang ada. setelah berbincang-bincang, kami memutuskan untuk mengubah jadwal kegiatan MBC dari sebelumnya tanggal 13 maret menjadi 20 maret 2010 (ternyata tanggal 13 maret ada kegiatan di sd tsb) dan sd mekarwangi 3 siap menjadi tempat diadakannya lomba. selesai dari sd 3, anak2 img pamitan untuk pulang duluan sedangkan kami (saya dan kang sofyan) kembali melanjutkan perjalanan ke sd lainnya. rute selanjutnya sd 2. tempatnya ga ‘jauh’ dari sd 3 (nyampe juga setelah hampir nyasar). seperti halnya sd 3, kami kembali tidak bertemu dgn kepsek (titipin ke guru lagi). rute selanjutnya sd 1, tempatnya lumayan jauh (sejam jalan kaki) dari sd 2. lagi2 kami tidak menemukan kepsek (kembali di titip ke guru yang ada). rute terakhir adalah sd 4. tempatnya cukup jauh ( satu setengah jam lah dari sd 1 jauh dengan jalan yang menanjak. di sd 4 ini akhirnya kami bertemu dengan kepala sekolahnya. dan selesai itu selesailah perjalanan kami mempublikasikan acara MBC ini.

Setelah dari sd 4, kami beristirahat di mesjid (lupa nama mesjidnya) sambil menunggu untuk dijemput oleh rumah amal salman yang berangkat dari awilega. akhirnya kami dijemput dan pulang ke bandung. Danberakhirlah longweekend saya di garut.

Sungguh perjalanan yang melelahkan namun menyenangkan..

Do what you love, Love what you do”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s