Longweekend di Garut part 1

Ini cerita tentang kegiatan saya di Garut tanggal 26-27 Februari 2010 kemaren. ceritanya masih tentang kegiatan PALAPA II (cerita2 sebelumnya ada di notes fb saya) di desa mekarwangi Garut. Bedanya ama cerita2 sebelumnya, kali ini ga cuma ngomongin divisi engineering, melihat sisi lain dari PALAPA II HME ITB.

terakhir kali saya ke garut itu tanggal 29-31 januari 2010 dalam kegiatan palapa II hme. stelah itu saya sempet diajak lagi ke garut sama mas Ditto (my boss) untuk … begini ceritanya..

pas terakhir kali ke garut, tim palapa 2 ngebenerin sistem dari PLTS juga masang2 lampu bwt penerangan jalan (lebih jelasnya baca ini). nah masing2 lampu kan besarnya 18 Watt. dari hasil evaluasi, 18 Watt itu terlalu terang, jadi lampu2 itu mw diganti sama lampu 9 Watt tp ga semua, ada 4 yg ga diganti dikarenakan letak ke 4 lampu tsb yg ga cocok klo diganti jd 9 watt. kenapa sih harus diganti? bukannya makin terang makin bagus? emang sih, makin terang makin bagus tp kan daya yang dipakai juga makin gede. makanya demi menghemat energi itu lampunya diganti agar lebih effisien (tetap terang tp hemat energi). nah jadi, maksud tujuan saya diajak kesana adalah untuk mengganti lampu-lampu tersebut.

selain itu, tim palapa 2 mendapat kabar buruk. jadi gini ceritanya

pada hari selasa (10 hari setelah plts berhasil bekerja), mas Rama (big boss) dpt kabar (ditelpon) dari garut klo plts rusak gara2 kena petir (Astagfirullah, ada aja cobaan bwt palapa 2 ini). sontak aja tim palapa 2 yg ada di Bandung kaget semua. nah selain ngeganti lampu, rencananya juga ngeliat kerusakan dari plts yg kena petir itu. agenda lainnya adalah mengagendakan penyuluhan peternakan ayam untuk warga mekarwangi oleh dinas peternakan.

Nah dari agenda kepergian itu, sebenernya sih saya pengen ikut tapi… perginya kan hari jum’at dan pada hari jum’at itu ada kuis sishken (sistem kendali) jadinya saya ga bisa ikut. ya walaupun ga ikut pada saat itu setidaknya saya sedikit tau report hasil dari sana.

16 dari 20 lampu 18 Watt sudah diganti menjadi lampu 9 Watt, plts yg kena petir sudah diperiksa. bagian dari plts yg rusak adalah bagian kontrollernya sedangkan bagian lainnya seperti pv, inverter, dll tidak mengalami kerusakan. kontroller yg rusak akibat induksi petir akhirnya dibawa pulang ke Bandung dan rencana akan diteliti kerusakananya dimana oleh kang Ryan (sang kadiv sel surya). syukur2 kontrollernya bisa dibenerin klo ga berarti harus beli controller baru (kan mahal).

tim palapa 2 kembali ke garut, kali ini pergi ke dinas peternakan untuk membicarakan rencana pembuatan dan penyuluhan peternakan ayam kepada dinas peternakan. nah saya ga ikut karena emang itu bukan bagian saya, waktu itu tim palapa 2 yang pergi hanya berdua (ka Resa dan Novi). beberapa hari setelahnya tim palapa kembali ke garut untuk penyuluhan peternakan ayam, yg ngasih penyuluhan sih bukan tim palapa tapi dari dinas peternakan, tim palapa 2 hanya memantau penyuluhan. dan pada saat itu saya ga ikut pergi.

Palapa 2 masih punya divisi lain selain pembangkit listrik dan peternakan ayam yaitu Community Development (Comdev). tim comdev ini sangat berperan dalam komunikasi/hubungan dengan masyarakat sekitar. nah, ditengah-tengah kegiatan pemasangan listrik dan penyuluhan peternakan, tim comdev juga merencanakan suatu kegiatan di garut sana (desa mekarwangi). nama kegiatannya adalah MBC

nah lo, ko ngadain MBC di garut? bukannya MBC itu kaderisasi bwt mahasiswa elektro, telkom, dan power untuk menjadi anggota HME ITB, ko sekarang diadain bwt warga garut??

eits, MBC yang ini bukan ‘Masa Bina Cinta’ tp ‘Mekarwangi Bangkit dan Ceria’ (oOo… siapa sih yg ngasih nama?? hehe, piss ah).  MBC palapa ini adalah suatu kegiatan berupa lomba- lomba untuk siswa-siswa sekolah dasar di desa mekarwangi. lomba-lomba yg diadakan diantarnya lomba cerdas cermat, menggambar, mewarnai, dan kaligrafi. MBC palapa ini diketuai oleh nona Karina Asrimaya (the best staff di comdev yg menjadi calon terkuat untuk menjadi Ketua Palapa III). Rencananya MBC ini diadakan pada tanggal 13 Maret 2010 (rencana awalnya sih tanggal segitu) bertempat di salah satu SD dari 5 SD mekarwangi. sebelum MBC ini dilaksanakan diperlukan suatu komunikasi ke sd-sd mekarwangi sebelumnya agar acara ini berjalan lancar.  nah, untuk itulah tim palapa 2 kembali ke garut untuk memberitahukan rencana mbc ini ke sd-sd mekarwangi dan oleh karena itu, tim palapa 2 kembali ke Garut. dan inilah kisahnya …

Berbeda dengan biasanya, keberangkatan tim palapa 2 kali ini tidak naik angkutan umum (perjalanan menggunakan bis dan elf) melainkan naik mobil rental (Wuih, tumben kan bayarnya lumayan). memang tumben karena kali ini tim palapa 2 berangkat bersama dengan tim rumah amal salman. rumah amal salman yg merupakan rekan dari tim palapa berencana untuk pergi ke awileuga (lokasi palapa 1) dan mekarwangi (lokasi palapa 2) untuk mengurusi kampoeng bangkit (suatu lembaga yang nantinya akan mengawasi keberlanjutan hasil tim palapa). sehari sebelum keberangkatan, kang sofyan (kadiv comdev, sering juga dipanggil ahmad) mengajak 2 orang massa HME (ga perlu tim palapa) melalui milis untuk ikut kesana. kebetulan saat itu (malam h-1) saya ketemu dengan kang sofyan dihme. mumpung ketemu sekalian aja nanya2 tentang keberangkatan besok. inti percakapannya gini …

saya : kang gimana besok? siapa aja anak HME yg ikut?

kang sofyan :besok bareng rumah amal salman sama anak geodesi. kumpul dulu di salman jam setengah 7. dr HME yg pergi baru saya sama si karin.

saya : emanngnya ga ada yg mw ikut lg? bukannya udah di post di milis?

kang sofyan : iya udah di post dimilis tp ga ada yg ngehubungin, d milis aja yg comment itu saya2 juga akhirnya.

(emang dr sekian banyaknya anak hme ga ada yg pengen ikut ya? mungkin yg baca dikit? atw banyak kegiatan kali ya? atw semua yang baca banyak kegiatan? ya mungkin2 saja kan besok itu 2008 ada lko, trus besok kan long weekend..)

saya : emang disana mw ngapain kang?

kang sofyan : klo dr kita sih ngasih surat ke sd-sd bwt pemberitahuan acara mbc. klo yg dari rumah amal salman mah mw ngomongin ekonomi bwt kampung bangkit.

(berpikir-pikir, ikut ga yah? tdnya sih ga mikir bwt ikut soalnya saya berasumsi bakal banyak anak hme yg pengen ikut ke sana, eh ternyata ga ada yg ngehubungi sama sekali. jd aja kepikiran bwt ikut, tp masih mikir2..)

saya : klo saya ikut, bisa ngebantuin apa kang?

kang sofyan : ya bantuin ke sd-sd, sekalian nemenin saya. udah kamu ikut aja.

(masih berpikir. takut ga bisa bantu apa2 euy,, tp dipikir2 lg daripada yg dr hme cuma dikit padahal tujuannya itu desa palapanya hme, mendingan ikut ajalah nemenin si kang sofyan.)

saya : ya udah deh kang, klo ga ada anak hme yg mw ikut lg, saya ikut. klo mw ke garut lewat ujung berung kan? jemput saya disitu aja ya kang? soalnya rumah saya disitu, trus klo harus kumpul jam setengah 7 di kampus mah takut telat.

kang sofyan : ya udah, ntar saya bilangin ke rumah salman bwt lewat ujung berung jd bisa ngejemput kamu. bsok sms2 aja..

Dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut ke garut besok (26 Februari 2010). dan esok harinya …

bersambung…

One thought on “Longweekend di Garut part 1

  1. Pingback: Palapa dan badai UTS.. « Belajar menulis

Leave a Reply

