Prepare for KP : PLTP Kamojang

Mulai 1 juli 2010 nanti, saya sudah mulai KP di sub Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Kamojang (berada di bawah PT. Indonesia Power). wuihh, tempatnya kaya gimana ya? udah ga sabar pengen dapet ilmu dari sana. sebelum ke sana, saya ingin mencoba mengenal terlebih dahulu tentang PLTP kamojang. PLTP kamojang itu …

Tempat saya nanti KP adalah sub UBP kamojang yg merupakan salah satu dari 3 sub UBP kamojang (2 lainnya : sub UBP Drajat dan sub UBP Gunung Salak). lokasinya di daerah perbukitan sekitar 1500 m dpl dan 42 km ke arah tenggara Kota Bandung (sejujurnya saya belum pernah kesana,, hehe). UBP Kamojang mengelola dan mengoperasikan tujuh PLTP dengan kapasitas total 375 MW (PLTP terbesar di Indonesia).

Energi Primer (uap panas bumi) dipasok Pertamina dari production well/sumur uap melalui beberapa Pipe Line (makanya jangan heran klo Pertamina Kamojang sama UBP Kamojang sebelahan).

Sistem Pembangkitan

  • Uap dari sumur produksi mula-mula dialirkan ke steam receiving header (berfungsi menampung uap panas bumi). Pada steam receiving terdapat Vent structure (katup pelepas uap) yang berfungsi menjaga tekanan pasokan uap ke pembangkit bila terjadi perubahan pasokan dari sumur uap atau pembebanan dari pembangkit.
  • Karena uap panas bumi dari sumur uap tidak murni uap maka uap kemudian disalurkan ke separator yang berfungsi memisahkan partikel padat yang terbawa bersama uap.
  • setelah dari separator, masuk ke deminister. deminister berfungsi memisahkan butiran air dari uap pans bumi (hal ini untuk menghindari terjadinya vibrasi, erosi, dan pembentukan kerak pada sudu dan nozzle turbine.
  • Uap yang sudah bersih dialirkan menuju turbine melalui main steam valve.
  • Uap akan menggerakan turbin dan memutar generator dengan kecepatan 3000 rpm. keluaran generator berupa energi listrik dengan arus 3 phasa, frekuensi 50 Hz, dan tegangan 11,8 kV.

double-flow condensing turbine (jenis turbin uap yang digunakan di PLTP kamojang)

  • Agar bisa dipararelkan dengan sistem distribusi Jawa-Bali, tegangan listrik dinaikan hingga 150 kV melalui step-up transformer.
  • uap bekas memutar turbin dikondensasikan di dalam kondenser. proses kondensasi terjadi akibat penyerapan panas oleh air pendingin yang diinjeksikan lewat spray-nozzle. level air kondensat dijaga dalam kondisi normal oleh cooling water pump, lalu didinginkan di cooling tower sebelum disirkulasi kembali.
  • kelebihan air kondesat akan diinjeksikan kembali (reinjeksi) ke dalam reservoir melalui injection well. Reinjeksi dilakukan untuk mengurangi pengaruh pencemaran lingkungan, mengurangi ground subsidence, menjaga tekanan, serta recharge water bagi reservoir.

Begitulah kira-kira sistem pembangkitan PLTP Kamojang secara umum. Detailnya akan dipelajari saat KP nanti..

Semangat!!! ^_^

——————————————————————————————————————————-

sumber:

http://www.indonesiapower.co.id/leaflet/kamojang.pdf

About these ads

8 thoughts on “Prepare for KP : PLTP Kamojang

  1. mas, saya tertarik tentang geothermal power plan..
    punya referensi ttg siklus PLTP yg meliputi separator, yurbin dan kondensor?

    balas ke email saya..

    terima kasih..

    rgds,
    willy

  2. Mas saya dari PT.MULYA JAYA MAITEC Bergerak dibidang Service OVERHAUL TURBIN & generator kami ingin menjadi rekanan,bls

  3. Pingback: Prospect and challenges of geothermal energy development in Indonesia | Mande Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s